E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web.
Awalnya, perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti penggunaan EDI untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik. Pada awalnya ketika web mulai terkenal di masyarakat pada 1994, banyak jurnalis memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Namun, sekitar 4 tahun kemudian protokol aman seperti
https.
E-commerce atau electronic commerce adalah teknik penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti
internet, televisi, dan perangkat jaringan komputer lainnya. e-commerce melibatkan
transfer dana, dan pertukaran
data secara elektronik, serta sistem manajemen inventori, dan sistem pengumpulan
data secara otomatis.
E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan
data, surat elektronik, dan bentuk teknologi non
komputer
yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran.
Jenis-jenis E-Commerce
Iklan Baris
Iklan baris adalah iklan dimana penjual yang menggunakan social media atau forum untuk mempromosikan dagangannya, biasanya tidak bisa langsung menyelesaikan transaksi pada website yang bersangkutan. Tetapi penjual dan pembeli harus berkomunikasi secara langsung untuk bertransaksi.
Retail
Proses jual-beli pada retail dilakukan melalui sistem yang sudah diterapkan oleh situs retail yang bersangkutan. Oleh karena itu, kegiatan jual-beli di
retail relatif lebih aman, namun biasanya pilihan produk
yang tersedia tidak terlalu banyak, atau hanya fokus ke satu-dua kategori produk.
Marketplace
Marketplace dianggap sebagai penyedia jasa mall online yang pada umumnya menyediakan beberapa keamanan tambahan untuk setiap transaksi
yang terjadi, seperti sistem pembayaran escrow atau rekening bersama.
Keuntungan E-Commerce:
•Melewati batasan geografis
•Mendapat pelanggan baru dari search
engine
•Biaya lebih rendah
•Dapat menghemat waktu
•Transaksi, tawar-menawar, dan pembelian secara berkelompok
•Memudahkan komunikasi bisnis
Aplikasi-aplikasi umum untuk E-Commerce:
•E-mail dan messaging
•Content
management systems
•Dokumen, spreadsheet, database
•Akunting dan sistem keuangan
•Informasi pengiriman dan pemesanan
•Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
•Sistem pembayaran domestik dan internasional
•Newsgroup
•On-line
shopping
•Conferencing
•Online
banking/internet banking
•Product
digital/non digital
•Online
seo
referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik
https://nyomansukadana94.wordpress.com/2013/03/18/sejarah-e-commerce/
https://fardiansyah7fold.wordpress.com/e-commerce-dan-perkembangannya-di-indonesia/
No comments:
Post a Comment