Visitors

Monday, October 24, 2016

E-Commerce


E-commerce  pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web. 
Awalnya, perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti penggunaan EDI untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik. Pada awalnya ketika web mulai terkenal di masyarakat pada 1994, banyak jurnalis memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Namun, sekitar 4 tahun kemudian protokol aman seperti https.

E-commerce atau electronic commerce adalah teknik penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet, televisi, dan perangkat jaringan komputer lainnya. e-commerce  melibatkan transfer dana, dan pertukaran data secara elektronik, serta sistem manajemen inventori, dan sistem pengumpulan data secara otomatis.
E-commerce  merupakan bagian dari e-business, di mana e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data, surat elektronik, dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran.

Jenis-jenis E-Commerce 
 
Iklan Baris
Iklan baris adalah iklan dimana penjual yang menggunakan social media atau forum untuk mempromosikan dagangannya, biasanya tidak bisa langsung menyelesaikan transaksi pada website yang bersangkutan. Tetapi penjual dan pembeli harus berkomunikasi secara langsung untuk bertransaksi.

Retail
Proses jual-beli pada retail dilakukan melalui sistem yang sudah diterapkan oleh situs retail yang bersangkutan. Oleh karena itu, kegiatan jual-beli di retail relatif lebih aman, namun biasanya pilihan produk yang tersedia tidak terlalu banyak, atau hanya fokus ke satu-dua kategori produk.

Marketplace
Marketplace dianggap sebagai penyedia jasa mall online yang pada umumnya menyediakan beberapa keamanan tambahan untuk setiap transaksi yang terjadi, seperti sistem pembayaran escrow atau rekening bersama.
 
Keuntungan E-Commerce:

Melewati batasan geografis
 
Mendapat pelanggan baru dari search engine
 
Biaya lebih rendah
 
Dapat menghemat waktu
 
Transaksi, tawar-menawar, dan pembelian secara berkelompok
Memudahkan komunikasi bisnis

Aplikasi-aplikasi umum untuk E-Commerce:


E-mail dan messaging
 
Content management systems
 
Dokumen, spreadsheet, database
 
Akunting dan sistem keuangan
 
Informasi pengiriman dan pemesanan
 
Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
 
Sistem pembayaran domestik dan internasional
 
Newsgroup
 
On-line shopping
 
Conferencing
 
Online banking/internet banking
 
Product digital/non digital
 
Online seo
 
referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik
https://nyomansukadana94.wordpress.com/2013/03/18/sejarah-e-commerce/   
https://fardiansyah7fold.wordpress.com/e-commerce-dan-perkembangannya-di-indonesia/ 

No comments:

Post a Comment